Menanam bibit kelapa hijau wulung

kelapa hijau wulung jogja
bibit kelapa hijau wulung

Bibit kelapa hijau wulung termasuk cukup mudah untuk dibuat. Anda dapat menanam pohon kelapa dari buah kelapa yang sudah tua. Untuk memeriksa apakah kelapa tersebut tua dan siap untuk disemaikan, goyangkan. Jika itu membuat suara kocak, artinya kelapa tersebut bisa hidup.

Cara pembibitan kelapa hijau wulung


Pertama, rendam kelapa wulung tua dalam ember air selama dua hingga tiga hari. Kemudian, tanam buah di sisinya di tanah yang berdrainase baik dan tutupi dengan lapisan tanah gembur yang tebal. Di luar atau di rumah kaca, Anda bisa menanam kelapa secara berdekatan dan melakukan transplantasi setelah berumur sekitar enam bulan. Kemudian, setiap tanaman harus memiliki banyak ruang dan diposisikan di bawah sinar matahari penuh.

Telapak tangan pot/polybag

Jika menanam dalam pot/polybag, baik untuk tumbuh di luar atau disimpan sebagai tanaman hias, gunakan wadah sedalam 10 inci dan lebih lebar dari kelapa. Tanam dengan ujung runcing ke bawah dan bagian yang terhubung ke pohon ke atas. Sekitar sepertiga dari kelapa harus di atas permukaan tanah. Tempatkan di lokasi yang hangat dan cerah dan jaga agar tetap berair.

Pohon kelapa adalah pohon besar berbatang tunggal dengan batang halus berwarna abu-abu muda. Daun atau daunnya panjang dan tipis, menaburkan pohon seperti mahkota. Bunganya berwarna kuning muda, sedikit lebih besar di pohon-pohon betina. Kelapa, yang secara teknis merupakan biji tetapi sering disebut kacang atau buah, memiliki cangkang getas yang dikelilingi oleh sekam tebal dan berserat. Di dalamnya ada lapisan putih yang dikenal sebagai daging, yang menyerap santan selama proses pematangan.

Tingkat pertumbuhan

Pohon-pohon mulai menghasilkan kelapa dari tiga hingga enam tahun, tergantung pada kultivar tertentu. Pohon kelapa kerdil, misalnya, biasanya berbunga di tahun ketiga dan menghasilkan kelapa di tahun keempat. Varietas ini menghasilkan kelapa lebih awal tetapi masih tumbuh lambat, mencapai ketinggian 16 hingga 40 kaki. Pohon kelapa yang tinggi, seperti namanya, sedikit lebih tinggi di ketinggian 100 kaki. Mereka mulai memproduksi kelapa pada usia sekitar 8 tahun.

Waktu panen

Kelapa membutuhkan waktu antara tujuh bulan dan satu tahun dari awal hingga matang. Untuk daging dan air segar, panenlah lebih awal. Jika Anda berencana untuk mengeringkan atau mengeringkan kelapa, panen setelah satu tahun.

Rata rata umur hidup

Pohon kelapa yang tinggi mungkin merupakan permulaan yang lambat, tetapi mereka lebih keras dari pada sepupu kerdil mereka, hidup antara 80 dan 120 tahun. Pohon kelapa kerdil memiliki masa hidup 40 hingga 60 tahun. Yang terakhir ini cenderung kurang stabil, terutama ketika berat dengan kelapa, jadi sebaiknya ditanam di bawah permukaan tanah.

Penggunaan kelapa hijau wulung

Penggunaannya bervariasi. Anda bisa makan dagingnya, tentu saja, dan menggunakannya dalam berbagai resep manis dan gurih. Anda bisa minum air kelapa, menghemat banyak uang untuk botol yang dibeli di toko.

Demikianlah cara menanam bibit kelapa hijau wulung yang bisa Anda praktikkan sendiri. Selamat mencoba...


.

0 komentar:

Posting Komentar

Sedia bibit : bibit kelapa kopyor bibit kelapa hibrida bibit kelapa wulung bibit kelapa pandan wangi bibit kelapa genjah entok bibit kelapa gading